Kamis, 04 September 2008

pengertian perencanaan


Indonesia Butuh a Planner Handal

Kenapa Memilih Planologi?

Dewasa ini banyak kita lihat permasalahan-permasalahan kompleks yang menimpa Indonesia, baik dari aspek ekonomi, sosial, hankam, maupun budaya. Namun, hal yang sering menjadi sorotan kita adalah masalah pada aspek ekonomi, dan sosial. Semenjak terjadinya krisis ekonomi beberapa tahun silam, Bangsa Indonesia berusaha bangkit dari keterpurukan krisis ekonomi tersebut. Segala upaya pembangunan pun dilakukan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tersebut. Bahkan, Indonesia melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam yang ada demi meningkatkan perekonomian. Hasilnya, Indonesia dapat meningkatkan perekonomiannya sekitar 7% per tahun hingga tahun 1997, meskipun tidak bisa mencapai target yang tinggi.

Namun, seiring terus berjalannya pembangunan-pembangunan tersebut, Bangsa Indonesia justru mendapatkan tambahan masalah dalam pembangunan tersebut. Masalah itu seperti masih banyak ditemukannya pembangunan yang tidak terarah sesuai rencana, pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan, pembangunan yang tidak berwawasan kependudukan, dan masalah lainnya dalam pembangunan tersebut. Pembangunan yang dilakukan disegala bidang itu ternyata memberikan permasalahan baru yang harus diselesaikan bersama. Bahkan pembangunan kota ataupun wialayah yang salah dapat mengakibatkan banjir, erosi, polusi udara, salah penataan ruang, ledakan pertumbuhan penduduk, pengangguran, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut tentunya tidak mudah ditangani oleh segenap bangsa tanpa SDM dan usaha yang kuat. Namun, masalah itu menjadikan tantangan serius dan menarik bagi kita sebagai Bangsa Indonesia dalam mengisi pembangunan dan kemerdekaan yang telah dicapai ini. Maslah itu harus menjadi perhatian serius oleh seluruh pihak pada umumnya, dan para planner khususnya. Oleh karena itu, Indonesia pada zaman seperti ini dan kedepannya sangat membutuhkan para perencana-perencana handal dan berkualitas yang lahir dari sarjana-sarjana Planologi. Karena Planologi inilah yang mempelajari dengan cermat tentang permasalahahn yang telah diungkapkan di atas. Hal inilah salah satu motif pendorong untuk menjadi Sang Perencana.

Sebagai generasi muda Bangsa Indonesia, kita sangat dituntut untuk selalu berpikir dan membuat rencana matang serta mengaplikasikannya dengan baik dan terarah, khususnya pada zaman sekarang ini. Pada saat ini Indonesia masih sedikit memiliki sarjana-srajana yang handal dan berkualitas dalam menangani masalah ini, yakni Sarjana Planologi. Namun, pengertian ini tidak berarti para sarjana lain tidak dibutuhkan keberadaannya, melainkan dengan kebersamaan kita bangun Indonesia menjadi negara yang maju. Para generasi muda inilah yang akan menjadi bibit unggul dalam meneruskan dan mengisi kemerdekaan serta pembangunan di Indonesia ini dengan memanfaatkan keterampilan yang ada. Dengan keterampilan inilah sangat membantu seseorang, khususnya bagi siswa dan mahasiswa untuk mewujudkan impiannya.

Selain itu, kita juga dapat melihat peningkatan akan tingginya minat para mahasiswa dalam keikutsertaan penyelesaian masalah tersebut. Hal ini terbukti dengan melihat semakin meningkatnya angka jumlah kelulusan dan angka jumlah masuk mahasiswa baru dari dan ke jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) ini. Namun, yang sangat disayangkan adalah masih rendahnya mutu dan keterampilan yang dimiliki oleh para calon-calon Planner tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa dan segenap generasi penerus bangsa sangat dituntut untuk belajar dan terampil dari sekarang untuk meraih tujuan dan impian kita.

Selain itu, hal yang membuat ketertarikan akan memilih Jurusan Planologi adalah sebagai berikut :

Hendak menjadi seorang Perencana Kota yang handal.

Planologi merupakan suatu ilmu disiplin yang berkaitan dengan seluruh aspek.

Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan Profesi yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Minat dan tertarik akan suatu Indonesia yang aman, nyaman, adil, indah, dan sejahtera.

Hal-hal di atas merupakan poin-poin penting mengapa harus memilih Planologi. Semoga apa yang diharapkan dan diinginkan tercapai dengan perencanaan dan praktek yang baik. Amin



Apa Itu Perencanaan?

Sebenarnya sebelum kita lebih jauh mendalami mengenai jurusan yang mengasyikan ini (Planologi), kita harus lebih dahulu tahu arti “Perencanaan”, karena nantinya hal inilah yang menjadi tolak ukur dalam profesi ataupun dalam membuat rencana itu sendiri.

Berbagai pengertian mengenai perencanaan ini sudah banyak diungkapkan oleh para ahli. Di bawah ini beberapa pengertian perencanaan oleh para ahli dan sumber lainnya :

Perencanaaan adalah suatu proses yang bersinambung yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan berbagai alternatif penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan pada masa yang akan datang.(Conyers dan Hills, 1994)

Perencanaan adalah suatu proses antisipasi tentang kejadian dan kondisi masa mendatang, dan menentukan upaya terbaik untuk pencapaian tersebut.(Haryono Wicaksono dan Euis Hernawati, www.yosnex.blogsome.com)

Perencanaan adalah proses dasar yang kita gunakan untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaiman pencapaiannya.(Stoner dan Walker, 1986)

Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta dan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudian. (Abdulrachamn, 1993)

Dari berbagai pengertian perencanaan di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa perencanaan itu mecakup suatu pemikiran yang sadar, tujuan-tujuan yang hendak dicapai, penggunaan sumber daya, dan tindakan yang akan dilaksanakan.

Dalam bidang ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota ini, setiap hal perlu suatu perencanaan yang baik dan terarah. Hal ini dimaksudkan agar sesuatu itu dapat berjalan dengan baik dan tidak keluar dari rencana yang telah dibuat. Perencanaan yang baik pada ilmu ini adalah perencanaan yang memikirkan segala aspek sekitar yang mempengaruhinya dan menjadi tumpuan dengan berpedoman ilmu yang sesuai.

Sebenarnya, perencanaan itu memiliki beberapa pengertian lain yaitu :

Perencanaan sebagai proses

Perencanaan sebagai profesi

Perencanaan sebagai arahan ke masa depan

Perencanaan sebagai arahan tindakan

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa perencanaan itu memiliki bebrapa karakteristik, yaitu :

memiliki tujuan, target, sasaran, dan harapan (cita-cita) di masa depan

proses untuk mengambil suatu keputusan di masa depan

penggunaan sumber daya yang ada.



Andai Ku telah Menjadi Seorang Planner

Sarjanan Planologi yang handal dan berkualitas adalah impianku, dan tidak pula menutup kemungkinan untuk menjadi seorang Master dalam Perencanaan. Berbekal ilmu niat, usaha, dan semangat pun mendorong untuk mewujudkan impian itu. Namun, bagamaina kalau impian itu telah menjadikanku sebagai seorang Perencana yang handal dan berkualitas? Tentunya banyak pula rencana yang akan dibuat dalam pembangunan Indonesia dalam segala bidang. Khususnya bersama-sasma membangun Indonesia dengan perencanaan yang baik.

Seorang sarjana ataupun expert dalam segala bidang mempunyai banyak planning dalam apa yang mereka tekuni. Salah satu dari sekian banyak MasterPlan adalah menciptakan atau mewujudkan Indonesia yang aman, nyaman, adil, dan sejahtera. Tentunya perkara ini tidak mudah bagi siapapun, tetapi jika dengan usaha yang keras dan bekerja sama, apa yang tidak mungkin mewujudkan hal tersebut. Dan jika ku telah menjadi seorang yang ahli dalam perkara ini, maka di bawah ini bebrapa poin yang hendak dilakukan :

Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Membuat Peluang yang besar (kesempatan kerja) dalam mencari pekerjaan/mengatasi pengangguran.

Membuat kota menjadi aman, indah, nyaman, dan sejahtera.

Hal ini termasuk hal yang sulit diwujudkan karena melihat masalah yang terjadi sekarang di Indonesiaini, seperti sulitnya masyarakat untuk diatur. Namun, perkara ini bisa dilakukan dengan suatu perencanaan yang baik dan dengan suatu rencana jangka panjang. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

Membuat ruang bagi pedagang kaki lima

Menata dan memperbaiki system transportasi

Membuat dan memanfaatkan public green space (ruang terbuka hijau)

Membuat sub-kawasan antara kawasam perdagangan dan jasa, permukiman, pemerintahan, dan industri.

Menjaga keseimbangan antara ruang terbuka hijau dan pembangunan kota atau wilayah.

Kedengarannya, terlalu sulit untuk dibenahi hal-hal di atas. Namun, hal ni tidak dilakukan denga rencana jangka pendek, tetapi dengan suatu rencana jangka panjang. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika selagi ada niat, usaha, dan semangat kerjas sama dari seluruh pihak. Satu faktor yang memang sulit dibenahi adlah sulitnya mengatur masyarakat saat ini. Keegoisanlah yang sudah membuat mereka sulit diatur. Padahal, jika dari seluruh pihak salaing mengerti dan bekerja sama, semua rencana yang telah dipersiapkan akan mudah untuk direalisasikan.

Selain itu, kita sebagai generasi muda ini sangat dibutuhkan oleh negeri kita ni. Apapun keterampilan yang dimiliki sangat berharga dan berguna dalam pembangunan Indonesia ke depan. Semuanya akan berjalan mudah jika tidak dipersulit. Oleh karena itu, generasi muda harus mengerti maslah ini, dan dapat serius belajar dan menatap Indonesia yang adil, aman, nyaman, indah, dan sejahtera. Mengapa tidak untuk mulai dari sekarang?. Mari bersatu membangun Indonesia indah sejahtera.

Tidak ada komentar: